Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja, Pusat Pelatihan Pertanian Kejar Pembentukan KKNI

By Admin


nusakini.com - Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang profesional dan berdaya saing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPSDMP) Kementerian Pertanian menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi program standarisasi.

Kegiatan yang dilaksanakan Hotel Permata, Jalan Raya Pajajaran, Kecamatan Bogor Tengah,Kota Bogor, ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai stakeholder.Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, dari Kementerian Pertanian, Widi Hardjono mengatakan, selama ini pihaknya sudah memiliki SKKNI tapi belum memiliki Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

"Kita tunggu-tunggu belum muncul, kapan KKNI harus dijadikan, karena untuk mengurus kurikulum dan pelatihan harus mengacu pada KKNI," ujarnya. Untuk itu, kata dia, dengan adanya pertemuan ini, pihaknya membutuhkan masukan dari seluruh stakeholder yang terlibat. "Kira-kira kita ini punya Roadmap nya kapan, apakah akhir tahun sudah ada berapa KKNI," ujarnya. Apalagi, kata dia, dengan zamannya globalisasi, banyaknya tenaga kerja yang masuk ke Indonesia, kita harus memiliki kompeten yang tinggi dan daya saing dengan. "Kegiatan ini intinya 36 SKKNI itu kapan kita harus punya KKNI, nanti ada kesepakatan di sini, kita bisa bikin 2-4 roadmapnya di tahun ini," jelasnya. (pr/eg)